Wanaraksa dan Bambu hitam

Jawa Barat menjadi tempat utama pertumbuhan bambu hitam.Salah satu jenis bambu yang kerap dimanfaatkan untuk berbagai keperluan.Mulai dari perabotan rumah tangga, furniture, alat musik hingga kontruksi.Bambu jenis ini memiliki berbagai keunggulan.Selain warnanya yang indah juga mempunyai ukuran dan ketahanan yang tepat untuk berbagai keperluan.

Tentunya,sebagian besar dari kita telah mengenal angklung.Bahkan PBB telah mengukuhkan angklung sebagai warisan budaya dunia. Seni angklung khas Indonesia, khususnya Jawa Barat kini telah dikenal dan di ajarkan di berbagai belahan dunia.Ini adalah sebuah kebanggaan bagi Indonesia. Bicara soal angklung,tentunya tidak akan lepas dari bambu.Dan bambu hitam adalah satu dari puluhan jenis bambu yang tumbuh di dunia.

Bambu jenis ini,sejak dahulu kerap dimanfaatkan untuk berbagai keperluan.Pokok batangnya yang sedang, dengan diameter 3-5cm sangat mudah untuk dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Selain dijadikan alat musik, bambu jenis ini juga sering dimanfaatkan untuk membuat perabotan rumah tangga, mulai dari tempat nasi (Boboko,dalam bahasa Sunda).Tampah, Cangkir, Bubu(perangkap ikan),Hihid (kipas tradisional).Juga kerap dimanfaatkan sebagai bahan kontruksi,menjadi tiang penyangga maupun dijadikan ding-ding(bilik).Setelah melalui proses penganyaman tentunya.

Dewasa ini,seiring perkembangan jaman dan semakin digalakannya budaya back to nature. Bambu hitam mulai dilirik dan dimanfaatkan sebagai bahan furniture. Berbagai jenis furniture bisa dibuat dari bambu jenis ini , mulai dari kursi, meja,rak sepatu hingga kitchen set.Soal kualitas tak perlu diragukan,sejak jaman dahulu bambu jenis ini dikenal kuat dan mudah dalam perawatannya.Dengan tehnik pengolahan yang tepat,produk-produk hasi olahannya mampu bertahan lama dan awet.Warnanya yang hitam mengkilat menambah daya tarik produk-produk olahannya,kesan etnik oriental yang khas menambah nilai jual di mata konsumen.

Melihat potensi pasar dan ketersedian bambu hitam yang melimpah di wilayah kampung Cikubang.Mendorong anggota komunitas Wanaraksa untuk terus mencoba dan berinovasi untuk mengkreasikan bambu hitam.Produk furniture mulai dari meja,kursi,lemari hingga lampu hiaspun mulai di produksi.Dengan peralatan sederhana dan modal keterampilan turun temurun,mereka mencoba menghasilkan produk-produk unggulan. Dengan harapan suatu saat nanti produk mereka akan dikenal dan diterima oleh pasar.

Dengan adanya usaha pengolahan bambu ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan juga taraf hidup masyarakat,serta mengurangi angka pengangguran dan tentunya diharapkan dapat lebih mengangkat nilai bambu sehingga menjamin kelestariannya. Bambu adalah warisan dunia, tonggak tradisi yang senantiasa selaras dengan alam.Kewajiban kita untuk selalu menjaganya, sebagai mana visi dan misi Manggala Wanaraksa yang senantiasa mencintai dan memberdayakan lingkungannya.

Tinggalkan komentar