Curug Badak, Harapan dan masa depan.

Sedikit ke hulu dari Curug Terekel, sebuah curug kecil yang punya potensi untuk dikembangkan.Dengan latar belakang pesona pesawahan dan ladang sayuran penduduk, air terjun ini memang belum begitu dikenal luas.

Air terjun mini dengan ketinggian 10-15 m ini,masih sangat original. Terletak di kampung Cikubang,desa Cidadap kec.Campaka dan berbatasan langsung dengan desa Campaka.Curug Badak menyimpan potensi besar untuk dikembangkan. Dengan kontur berumpak dan membentuk kolam,air terjun ini sangat cocok untuk dijadikan pemandian ataupun taman bermain air alami. Berada di aliran sungai Cipalasari, Curug Badak terletak sekitar 1 km dari Curug Terekel ke arah hulu.Jika digarap secara optimal, bisa saja dijadikan satu paket wisata potensial dengan curug Terekel.

Berbagai wahana bisa dibangun disini, spot selfie dan gazebo oriental bisa dijadikan fasilitas pelengkap wahana pemandian.Mini rafting pun dapat digalakan,adanya aliran sungai dari bendungan irigasi sampai kolam pertama di Puncak curug Badak  bisa disulap jadi trek mini rafting.Daerah di sepanjang aliran sungai pun dapat dijadikan joging trek dan jalur hijau yang akan menambah keindahan dan menarik minat wisatawan.

Tentunya, diperlukan perjuangan dan sinergi dari berbagai pihak untuk mewujudkan semua itu.Dan Wanaraksa, sebagai komunitas peduli lingkungan mencoba menjembatani dan mempelopori terwujudnya proyek ini.Dengan dukungan penuh aparatur desa Cidadap, Karang Taruna dan tentunya masyarakat sekitar. Harapan akan terwujudnya wisata curug Badak segera terealisasi. Banyak hal yang bisa diekspose dari Curug Badak,selain pemandangan yang eksotis. Kolam-kolamnya yang jernih,keberadaan spot selfie dan gazebo akan menjadi magnet bagi para pelancong.Tentunya debit air dan kualitas nya pun harus senantiasa terjaga. Masyarakat di sepanjang aliran sungai Cipalasari diharapkan berperan aktif dalam menjaga kebersihan dan kelestarian daerah sepanjang aliran sungai.
Bukan tidak mungkin jika kedepannya di tempat ini bisa diadakan festival perahu kertas yang disertai pementasan seni budaya setempat serta pameran kuliner lokal yang tentunya bisa semakin menyedot antusias pengunjung yang dampaknya,akan menaikan taraf hidup masyarakat dan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah desa Cidadap .Semoga saja harapan itu akan segera terwujud di tahun 2019 ini.Ciayo Wanaraksa, semangat untuk terus maju danberusaha menjadi lebih baik serta bermanfaat!

Tinggalkan komentar